Teori Konspirasi dalam Serial Si Unyil




Trivias About Unyil

Mengudara pertama kali pada tanggal 5 April 1981, dengan total episode 603, Si Unyil hadir layar televisi dalam kurun waktu 12 tahun (1981 – 1993). Predikat sebagai maskot lapan-puluhan layak disandang oleh tokoh boneka berkopiah dan berpipi gembil ini.
Segenap pendukung si Unyil dimunculkan dalam opening title. Perkara opening title ini menjadi permainan tersendiri bagi saya dan saudara-saudara saya. Berebutan kami berusaha menebak nama siapa yang bakal muncul selanjutnya. Yang masih teringat adalah Drs. Suyadi, G. Dwipayana, Kurnain Suhardiman, dan Agust Suprapto.Film PPFN untuk konsumsi anak-anak lainnya adalah Si Huma dengan tokoh Huma dan Windy yang bergigi kelinci dan bergerak secepat angin.

Ekpresi boneka tokoh-tokoh dalam Unyil umumnya sederhana. Seingat saya hanya ada lima ekspresi yang berarti lima wajah boneka : normal, marah (dengan alis nyaris menyatu), menangis, tertawa, dan ekspresi pasca berkelahi (rambut awut-awutan dengan lingkaran biru pada salah satu mata...)



Bapak dan Ibu Si Unyil adalah tipikal orang tua Jawa. Kesenangan Pak Unyil adalah memelihara perkutut (yang kicauannya sampai sekarang masih saya ingat), sementara Bu Unyil senantiasa tampil selalu bersibak-sibuk dengan nyiru (tampi).
Si Unyil tentu saja tak beranjak tua dan tak pernah naik kelas, dibuktikan dengan seragam merah hati yang tak pernah berganti. Tokoh tua dalam si Unyil diwakili oleh Nenek Ijah dan Mbak Bejo. Pak Raden, meski termasuk tua, selalu menolak dikategorikan sebagai manula, dengan pengecualian saat undangan kerja bakti tiba!

Oleh karena SI Unyil dianggap terlalu male oriented, belakangan TVRI dan PPFN memunculkan serial boneka si Upik dengan tokoh Upik yang perempuan sebagai fokus cerita. Mengudara hanya beberapa episode, Upik sempat menghentak kanak-kanak, sebab digambarkan tokoh boneka Upik yang nota bene perempuan dihadirkan sebagai jagoan, mahir memanah, dan bagai Tarzan(ita), cekatan berayun-ayun di pepohonan!

Keluarga Cuplis menjadi bulan-bulanan pemerintah saat program KB digaungkan. Cuplis digambarkan tak pernah bahagia oleh kewajiban menjaga adik (yang jumlahnya lima kalau tak salah, kesemuanya botak pula....). Nama adik-adik Cuplis antara lain : ciner, caplin, cimot dan dua lagi yang tak mampu saya ingat.... (yang termuda masih dalam gendongan, jadi mungkin belum bernama).
Salah satu episode tak terlupakan, adalah saat Nenek Ijah yang lansia harus beradu tenaga dengan penjahat yang hendak menyatroni rumah Nenek Ijah. Nenek Ijah sekuat tenaga berusaha menutup pintu yang hendak didobrak paksa oleh si Penjahat. Menegangkan sekaligus membuat haru.....

Tentang si Joni alias si Jontor yang selalu dibangga-banggakan oleh si Bibi Cerewet. Saat demam breakdance melanda, Konon di kota (Jakarta) Joni alias si Jontor adalah juara lomba breakdance. Tepatnya juara ke lima dari lima peserta....


1. Siapakah sebenarnya Kinoy?
Mengapa jati dirinya hampir tak pernah diungkap dalam serial ini?
Pertanyaan di atas melahirkan teori konspirasi: Kinoy adalah hasil perselingkuhan.
Antara siapa dengan siapa, belum diketahui. Pemikiran ini didasari oleh latar belakang
budaya desa Sukamaju yang serba moralis. Tak mungkin rasanya mengumbar aib sesama
warga. Sungguh memprihatinkan. .. padahal serial ini sarat pesan moral bagi anak-anak...

2. Apa hubungan antara Ableh, Ucrit dan Orang Gila Hutan Lindung?
Pertanyaan diatas melahirkan teori konspirasi:
Ucrit adalah anak si orang gila (who remains anonymous) yang diculik oleh Ableh.
Mengapa? Karena coba Anda perhatikan anatomi wajah ketiganyayang hampir mirip.
Ketika orang gila bernyanyi 'dimana anakku, dimana istriku...', sebenarnya kita dapat memberitahu
keberadaan Ucrit yang aman jaya sentausa di dalam desa Sukamaju. Mungkin Ableh pun dapat buka mulut, tetapi karena dia ada dalam bayang- bayang Pak Ogah yang selalu mendominasi, terjadi inferioritas dalam pembawaannya sehingga ia tampak cenderung sebagai yes man.

Ini membawa kita ke pertanyaan selanjutnya:

3. Siapa sebenarnya Pak Ogah?
Pertanyaan diatas melahirkan teori konspirasi:
Ogah adalah seseorang yang disusupkan pihak luar untuk menyeimbangkan keadaan Desa Sukamaju yang
aman tentram loh jinawi. Mengenai apa maksud dan tujuan aslinya, masih merupakan misteri hingga kini.
Mungkinkah ia ingin membentuk semacam regenerasi dengan meracuni Cuplis? Perlu kita ingat: potongan
rambut, penampilan dan sebagainya.. . bagi generasi muda sangat berpengaruh. Apalagi Cuplis tergabung
dalam Band Dekil. Mental anak band yang secara tipikal sangat labil... adalah sasaran empuk bagi
pihak-pihak pengacau.

4. Apakah Meilan menyimpan hati bagi Unyil?
Pertanyaan diatas melahirkan teori konspirasi:
Benar. Tetapi karena ada perbedaan kultur dan agama, hal ini tak dapat terjadi. Ini juga faktor penyeimbang dalam Desa Sukamaju. Mengenai cinta segitiga Meilan, Ucrit dan Unyil seperti pernah diparodikan di acara Extravaganza Trans TV beberapa waktu lalu, rasanya tak mungkin terjadi mengingat gender Ucrit yang selama ini masih menjadi pertanyaan orang banyak. Hanya dua orang yang benar-benar tahu mengenai hal ini yaitu Ucrit sendiri, dan Ableh selaku ayah angkat yang bersangkutan. Tapi sekali lagi: mereka tutup mulut.

5. Benarkah Unyil adalah tokoh sentral?
Pertanyaan diatas melahirkan teori konspirasi:

Unyil adalah kedok Pak Lurah dan Pak Raden untuk menyajikan drama kehidupan desa fantastis, dengan
bungkusan cerita seputar anak. Bila kita kaji dengan seksama, Si Unyil bukan hanya bercerita mengenai
Unyil semata, melainkan mengenai intrik-intrik yang terjadi di Desa Sukamaju. Mengapa Pak Lurah dan Pak Raden? Mereka inilah otak dibalik berjalannya kehidupan sosio-kultural desa Sukamaju.

6. Ada apa sebenarnya di Hutan Lindung?
Pertanyaan diatas melahirkan teori konspirasi:

Hutan lindung adalah dunia nyata. Desa Sukamajulah yang merupakan desa percontohan -atau boleh dibilang
daerah eksperimental- untuk kehidupan ideal. Bila disejajarkan dengan film barat, Desa Sukamaju itu
mirip kota Stepford dalam film Stepford Wives. Mengapa dibentuk desa eksperimental seperti itu?
Inilah misteri yang masih belum terkuak sampai hari ini.

Ya, begitulah beberapa hipotesa teori konspirasi yang terungkap berdasarkan diskusi ilmiah yang terjadi
siang ini. Mungkin akan menimbulkan kericuhan, bahkan silang pendapat akut... tapi yang jelas, seperti kata Mulder pada Scully...
The Truth is Out There..

source