search here and find more articles

Ciri-ciri Film Indo Jadul




"Halo, Ricca? Ini Rhoma!" kata Rhoma Irama setiap kali menelpon Ricca Rachim. Sapaan sok yakin bahwa orang di ujung telpon adalah sang pujaan hati ini bisa kamu saksikan di film-film Rhoma tempo doeloe. Masih banyak lagi adegan-adegan lucu yang bisa kita sebut setiap kali mengenang film-film Indonesia tahun '70-an dan '80-an. Apa saja itu?

Nostalgia sejenak, yuk!




1. Makan bersama keluarga. Entah maksudnya apa, pamer apa yang
dimasak sama pembantu rumah tangganya, atau pamer peralatan dapur. Dan
biasanya minumannya selalu jus jeruk.

2. Cinta yang tidak disetujui orang tua. Entah sudah berapa judul
film Rano Karno yang temanya beginian.

3. Ayah yang selalu berbaju safari. Biasanya warnanya coklat muda,
dengan 2 bolpen di kantongnya, membawa koper, dan biasanya ke kantor.

4. Polisi yang selalu datang terlambat. Seperti biasa, polisi selalu
terlambat untuk menangani masalah dalam film Indonesia, dengan kalimat
yang kaku dan khas: "Ini memang buronan yang sedang kami cari, Pak!"

5. Adegan pub/bar/nightclub. Scene ini biasanya lampu remang-remang
warna kemerahan, diiringi musik-musik kaya' ABBA, Beegees, Kool and
The Gang. Lalu minuman diberi obat perangsang.

6. Masuk Rumah Sakit. Biasanya karena penyakit yang baru disadari
sudah stadium 2 atau 3, karena mengidap kanker, leukimia, atau jantungnya
kambuh. Sangat jarang penyakitnya bengek, korengan, atau diare.
Dokternya biasanya berkumis, badan agak gemuk, kacamata baca model
Malcolm X, stetoskop menggantung di leher, dan biasanya
ngomong : "Bapak dan Ibu tidak usah khawatir, kami akan berusaha semampu kami."

7. Adegan lari-larian di taman atau di pinggir laut sambil ketawa-
ketawa kecil "hahaha...hahaha..." trus yang cewek menjatuhkan diri.
Maksudnya romantis, tapi kok malah jadi lucu. Trus saat adegan ciuman, diganti
(disensor) dengan deburan ombak atau bunga mawar.

8. ..............(terlalu vulgar)

9. Tokoh kyai/orang sakti/pemuda yang alim. Biasanya untuk ngusir
setan kayak kuntilanak, arwah penasaran dan lain-lain. Banyak ditemui di
film-film horor Indonesia dan biasanya selalu menang.

10. Di setiap ending film pasti disertai dengan tulisan: SEKIAN,
TAMMAT, SELESAI, dan lain-lain dengan warna-warna yang cerah.

11. Kalau cowok pergi ngapel ke rumah camer biasanya bawa oleh-oleh
kue tart yang norak-norak (zaman segitu belum ada black forest sama
dunkin donat sih!)

12. Kalau kuliah naik motor and berambut gondrong.

13. Cewek kalau dijemput cowoknya pakai mobil, pintunya dibukain.

14. Adegan buang puntung rokok, terus dimatiin pake kaki. Mungkin
biar sepatu boot/kulitnya keliatan.

15. Kalau perpisahan bikin acara disko sendiri di rumah.

16. .............(terlalu vulgar)

17. Kalau mau ketemu cewek, si cowok sisiran dulu. Rambut gondrong,
diminyakin dan sisirnya ditaruh di saku belakang. Sisirnya nongol sedikit!

18. Nama peran utamanya kalau cowok selalu JOHAN, HENDRA, ANTON.
eggak ada Bambang, Sueb, Giso! Kalau cewek LINDA, RATNA, MARIA, nggak ada
Maryam, Tutik, Siti!

19. Kalau naik motor nggak pake helm.

20. Ceweknya kalau habis dimarahin sama bokapnya, biasanya langsung
lari ke kamar terus nangis mingseg-mingseg di ranjang (biasanya film-
film Oma Irama).

21. Suka ada iklan tersembunyi, biasanya rokok.

22. Kalau pemeran utama cowoknya ceritanya udah jadi tua, tinggal
ditambahin kumis doang. Atau beberapa helai rambutnya diputihin, tapi
masih kelihatan pakai odol.

23. Kalau film silat, gadis desanya senang nyuci di kali pakai kemben,
bawa bakul, kainnya cuma 2 biji. Pas lagi nyuci, datang penjahat dan
langsung tuh penjahat pengen perkaos.

24.. Kalau film perang, kapten Belanda biasanya orang Indonesia
pake wig pirang, serdadunya senang jalan-jalan keliling kampung, pas liat
cewek lagi nyuci di kali, pengen perkaos juga.

25. Biasanya kisah sedihnya beruntun. Misalnya: anak sakit, nggak
punya uang, mau beli obat, hujan deras, eh si emak ketabrak mobil lagi...

26............... (terlalu vulgar)

27. Anak SMA pake seragam yang lengennya dilinting, nggak cewe ngga
cowo, celananya baggy, atau yang pipanya nyempit di bawah.

28. Rambut cewek belahannya di samping.

29. Vokal untuk theme song suaranya lirih dan mendesah desah.

30. Kalau ada yang mau mati, pasti ninggalin pesen dulu, baru mati.

31. Suara cewe kalo lagi marah pasti jadi gembret.

32. Zainal Abidin kebanyakan jadi tokoh Bapak.

33. Kalau di film anak-anak, biasanya ibu atau bapaknya meninggal.
Si anak tinggal sama ibu tiri atau bibinya, dijadiin pembokat, dimarahin.
Si anak kabur ke kota, jadi gelandangan. Biasanya dipungut orang kaya,
trus jadi penyanyi cilik terkenal. Biar rada dramatis sering tuh anak
ditabrak mobil.

34. Kalau ceweknya mau diculik, biasanya jalannya di tempat sepi
yang nggak ada orang/mobil lewat.

35. Kalau film eksyen, adegan berantem di jalan ramai dilanjutkan
dengan kejar-kejaran. Dari kota tiba-tiba pindah ke tengah sawah!

36. Kalau adegan daerah pelacuran, biasanya di pinggir sungai, ada
becak sama warung jualan bir. Terus ada adegan WTS godain orang lewat.
Kadang-kadang ada bencongnya juga.

37. Adegan batuk-batuk. Habis itu keluar darah...dilap
tissu....dijamin abis itu pasti tokohnya mati!

38. Dono Warkop selalu kebagian cewek-cewek seksi.

39. Cerita SMA biasanya sering ada murid baru, biasanya cewek.
Sering ada adegan cowok godain cewek pake lemparan gulungan kertas atau
kapur. Surat cintanya biasanya nyasar ke temen cewek yang gendut atau ibu
guru.

40. Kalau jajan di kantin biasanya makan bakso, duduk di bangku
panjang kayak di warteg.

41. Kalau lulus-lulusan biasanya kemping ke gunung, di bis nyanyi-
nyanyi kayak anak TK.

42. Kalau bikin geng biasanya ada yang gendut, bencong, atau kurus.

43. Jagoan SMA biasanya ketua OSIS, kalau sekolah bawa tas kecil
yang ditaruh di bahu, bukunya kadang cuma satu biji, lusuh lagi.

44. Hantu-hantu di film horor: Biasanya yang jadi korban duluan
adalah orang yang lagi ronda. Kuntilanaknya sering jajan sate. Dedemitnya
mula-mula cakep, lalu berubah jadi buaya atau ular. Hantu cewek
biasanya korban perkosaan yang balas dendam.

45. Rano Karno adalah: Banyak ditaksir cewek-cewek. Pinter. Ketua
OSIS atau ketua apaaa gitu. Ganteng. Cintanya tidak disetujui sama orang tua.
Anak baik-baik. Ibunya biasanya miskin, pakai kain dan baju lusuh. Kalau
cintanya diterima, saking senengnya naik motor sambil berdiri.
Becandanya mijit-mijit hidung ceweknya sambil tertawa. Pacaran biasanya
di pantai, minum kelapa muda, sedotannya tuker-tukeran.